Asesmen Miskonsepsi Fisika
"Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli"
Deskripsi Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media asesmen formatifberbasis komputer pada materi hukum Bernoulli, menguji kevalidan dan kepraktisan media, serta mengetahui respon siswa. Asesmen formatif menjadi salah satu cara untuk mengetahui penerimaan siswa terhadap suatu materi. Salah satu inovasi dalam bidang penilaian adalah penerapan asesmen berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D dengan tahapan mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan menyebarkan. Hasil validasi ahli media dan isi diperoleh persentase sebesar 94,6% dan 96,2% yang tergolong sangat baik dan layak digunakan. Uji coba terbatas diperoleh rerata persentase sebesar 85,34% yang tergolong sangat baik dan layak digunakan.
Analisis Artikel
Produk yang diujikan kepada beberapa mahasiswa dan siswa adalah Microsoft Office Powerpointdalam format penyimpanan PowerpointShow. Pemilihan soal pada level-level selanjutnya dimaksudkan untuk memberikan pengecoh pada jawaban sehingga mampu mendiagnosis pengetahuan konsep. Berdasarkan validasi ahli yang dilakukan oleh dosen dengan kriteria yang telah ditentukan, dapat dikatakan bahwa media telah layak, valid, dan praktis digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi hukum Bernoulli. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh persentase kelayakan untuk penilaian media dan isi adalah 94,6% dan 96,2%.
Comments
Post a Comment