Asesmen Miskonsepsi Fisika


"Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli"

Deskripsi Penelitian

Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengembangkan  media  asesmen  formatifberbasis  komputer pada  materi  hukum  Bernoulli,  menguji kevalidan  dan  kepraktisan  media, serta  mengetahui respon siswa. Asesmen formatif menjadi salah satu cara untuk mengetahui penerimaan siswa terhadap suatu materi. Salah satu inovasi dalam bidang penilaian adalah penerapan asesmen berbasis  komputer.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  4D  dengan  tahapan mendefinisikan,  mendesain,  mengembangkan,  dan  menyebarkan.  Hasil  validasi  ahli  media dan isi diperoleh persentase sebesar 94,6% dan 96,2% yang tergolong sangat baik dan layak digunakan.  Uji  coba  terbatas  diperoleh  rerata  persentase  sebesar  85,34%  yang  tergolong sangat baik dan layak digunakan.


Analisis Artikel

Produk  yang  diujikan  kepada  beberapa  mahasiswa  dan  siswa  adalah Microsoft  Office Powerpointdalam format penyimpanan PowerpointShow. Pemilihan soal pada level-level selanjutnya dimaksudkan untuk memberikan pengecoh pada jawaban sehingga mampu mendiagnosis pengetahuan konsep. Berdasarkan validasi  ahli  yang  dilakukan  oleh  dosen  dengan kriteria  yang  telah  ditentukan, dapat dikatakan bahwa media telah layak, valid, dan praktis digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep  peserta  didik  pada  materi hukum  Bernoulli.  Berdasarkan  analisis  yang  telah  dilakukan diperoleh persentase kelayakan  untuk  penilaian  media  dan  isi  adalah  94,6%  dan  96,2%.  


Comments